Langsung ke konten utama

Pulau Komodo & Rinca

Indonesia itu memang benar-benar cantik ya. Gak pernah bosen untuk berencana kemanapun di Indonesia, termasuk untuk visit komodo. Kalo ada yang bilang untuk ke pulau komodo itu susah dan mahal. Jangan percaya! Jalan-jalan ke pulau komodo itu gak susah sama sekali. Dari kota manapun kalian berasal, tujuan ke Labuan Bajo dan disini bisa mulai mengatur untuk jalan-jalan ke pulau Komodo dan sekitarnya. Ini dia pocket guide untuk yang mau travelling ke pulau komodo dan sekitarnya :


Gimana caranya untuk bisa keliling ke pulau komodo, rinca dan pulau di sekitarnya ? 
gampang! tinggal hubungi mama dedeh di nomer 082146635785 untuk tour 2 hari 1 malam. Untuk masalah rute, bisa di-diskusikan. kemarin kami ber-6 kena biaya 2500000IDR sudah termasuk 3 kali makan besar, camilan pagi dan sore, teh - kopi - susu - air putih semuanya selalu tersedia di kapal. Apalagi kalo malam tinggal di kapal kan dingin, sangat bisa sekali menyeduh susu/kopi/teh untuk mengurangi dingin. untuk sewa kapal di mama dedeh ini, dijamin deh puas. Pak kaptennya baik, yang bantu di kapal pun lucu orangnya.
sewa alat snorkeling di luar biaya sewa boat. harga sewa per hari 30000IDR. lokasi penyewaan alat snorkeling ada di seberang hotel gardena.

kapal food corner. siap saji, tinggal seduh.


Kapalnya ada wc-nya gak ?
Ya ada lah...! masa kalo kebelet pipis kudu nyemplung ke laut dulu buat pee :D
tapi diingat ya, kalo kapalnya lagi brenti, jangan coba-coba buang air besar. ntar kejadiannya kayak temenku. kami sudah merapat ke dermaga loh buaya untuk trekking dan bertemu komodo. eh, tiba-tiba di sekitar kapal kami liat ada coklat-coklat ngambang. Kapten langsung tunjuk-tunjuk wc yang terletak di belakang kapal. Halaaahhh, ternyata kawan kami satu ini sedang buang air besar. Sontak kami teriakin, "woiiii, hasil jerih payahmu keliatan tu lhooo" :D.
Oiya 1 yang penting, ada air payau kok untuk cuci muka. Semuanya disediakan di kapal ini ;)





Keliling pulau 2 hari 1 malam, tidurnya dimana ?
ya di kapal. Tenang, di kapal ini ada 1 ruangan untuk bisa tidur. kalo rame-rame, bisa cukup 4 orang di ruangan ini. selebihnya, bisa tidur di atas atau depan ruang kemudi. waktu itu, karna aku cewek sendiri. jadi, aku disuruh sama si kapten tidur di ruangan sendirian *yesss jadi penguasa kamar :D. Temanku yang lain, 4 tidur di atas, 1 di depan ruang kemudi sedangkan si kapten tidur di atas ruang kemudi di bawah langit langsung. Tidur di laut itu rasanya gelap gulita, dingin, dan sunyi (kecuali temen-temenmu ngorok, berarti gak jadi sunyi :D).

gak bisa loncat, kudu turun pake tangga

kamar di kapal

deck atas bisa dipake tiduran
Dapur kapal


Rute yang bisa diambil selama 2 hari 1 malam ?
ke Pulau Komodo, Pulau Rinca, Kampung Rinca, Pulau Bidadari, Pantai pink, ke beberapa titik snorkeling. Untuk rutenya, kalo kalian punya usul, bisa di diskusikan dengan pak Kapten. biar sama-sama enak. Tapi ingat, kapal ini tidak berlayar setelah senja.

Trekking pulau Rinca dan Komodo itu berapa lama ?
Untuk lamanya trekking di pulau komodo dan pulau rinca itu tergantung jalur yang dipilih. Jarak dekat hanya 1 jam, jarang sedang berkisar 3-4 jam, jarak jauh berkisar 5-6 jam. Disesuaikan dengan keinginan aja.

Biaya di Pulau Komodo dan Rinca?
biaya masuk pengunjung @2500IDR per orang
biaya foto-foto @5000IDR per kamera
biaya masuk kendaraan air @50000IDR per boat
biaya guide di pulau Rinca @50000IDR 1 guide saja
biaya guide di pulau Komodo @100000IDR 1 guide saja
biaya masuk ke lokasi wisata @20000IDR per orang

jadi kalau sudah masuk ke Pulau Rinca, selanjutnya di pulau Komodo hanya bayar biaya guide saja dan sebaliknya. harga mungkin bisa berubah sewaktu-waktu, ini harga di bulan september 2012 ya ;)


Itulah seputar perjalanan 2 hari 1 malam keliling pulau Komodo dan Rinca. Gak susah kok, kalian arrange on the spot pun jadi. Tapi kalo ternyata kamu sendiri atau berdua dan gak mau sewa boat sendirian, di hotel gardena juga menawarkan untuk join trip. Kemarin pas kesana sih, denger-denger 700000IDR per orang. Selain di hotel gardena, di sepanjang jalan utama juga banyak yang menawarkan tour 2 hari 1 malam ataupun 3 hari 2 malam. Jangan takut kehabisan pilihan, disini malah jadi bingung mau milih dan nawar yang mana.

Aku mendukung orang indonesia untuk bisa jalan-jalan ke pulau komodo ataupun rinca. karna menurut statistik, lebih banyak orang luar negeri yang menikmati keindahan disini. Sayang kan, kalo kita sendiri gak menikmati keindahan negara sendiri. Monggo, direncana-rencana untuk visit komodo. Seriously it is fun :)



 



Pintu masuk loh Buaya, Pulau Rinca








bermain sepuasnya :D


Trekking siang hari di Pulau Komodo

pemandangan sore hari dimana kapal bermalam

full team @dermaga Pulau Komodo
untuk penginapan di labuhan bajo, bisa diliat disini 

Foto adalah koleksi pribadi dan Ardie Liwan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melbourne Brighton bathing boxes

Di kala sedang pandemi dan lebih sering dirumah saja, memang selalu menyenangkan untuk buka photo lawasan dan kembali mengingat perasaan bahagia ketika explore ke suatu tempat baru 😁  Brighton beach adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika di Melbourne. Selain menikmati birunya langit, kita bisa sekaligus menikmati bathing boxes yang iconic!     Selain itu, sekitarnya juga cantik lho. Bisa jalan kaki untuk explore di area Brighton Beach ini.  Untuk bisa mencapai lokasi ini, bisa langsung lihat di google maps by public transport ya, baik bus ataupun train keduanya sama-sama nyaman. Tips of the day: Walk slowly and enjoy surrounding. You will notice something new and different no matter how many times you already passed by the same road.

Hong Kong Trip and Travel Guide

Liburan ke Hong Kong selama 6 hari dan aku takjub dengan transportasi, tata kota dan fasilitas umum yang sangat membantu untuk tuna netra dan penyandang cacat! Sesuatu yang belum aku temui di Bali, Indonesia ini. Trotoar di bali pun bisa ditemui di beberapa lokasi saja. Sayang banget ya. Ini dia catatanku untuk jalan-jalan ke Hong Kong #Persiapan ke Hong Kong Jauh-jauh hari sebelum ke Hong Kong aku sudah mulai hunting tiket penerbangan dan mulai ngelirik di hotel mana aku mau tinggal. Tentu saja aku pun mulai cari tau mengenai transportasi disana, serta mulai mencatat apa saja yang mau aku kunjungi dan catat di word document dan menaruhnya di Google Drive yang aku bisa save it on device. Jadi saat tak ada sinyal internetpun, aku masih bisa nyontek catatan buat liat rute. lihat catatanku disini Apps yang aku download #Octopus card Di Hong Kong, octopus card ini berperan besar dalam pembayaran transportasi dan bisa dipakai juga untuk belanja di McD, seven eleven, dan banya

Phillip Island Nature Park Melbourne

Absolutely wonderful!  We were here at Phillip Island Nature Park. With only 1 purpose. To see: Penguins!! 💕💕 I amazed on how they really take care the penguins really seriously. All visitors are able to see the penguins from far apart, to see them go back to their home on sundown time. It's really worth a visit when you are in Melbourne. You see the penguins, you will experience the other side of Melbourne.  Tips of the day: Just keep going and don't stop wander.