Langsung ke konten utama

Makassar & Toraja

pada bulan Mei 2012, akhirnya kesampaian juga ke tanah Sulawesi : Makassar & Toraja. cita-citanya sih simple aja mau ngapain di kota ini. di kota Makassar : mau makan-makan enak, di Toraja : mau lihat budaya yang belum kulihat secara langsung.

Transportasi Makassar-Toraja :
jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke Makassar, aku sudah booking seat Bus Bintang Prima PP untuk rute Makassar --> Toraja. Pemesanan tiket hanya bisa dilakukan via telp 04114772888(Makassar) & 042321142(Rantepao).
Harga tiket 100000IDR untuk bus yang eksekutif biasa, dan 120000IDR untuk bus super eksekutif.

Perjalanan Makasar ke Toraja : bus pagi
karena aku ambil perjalanan pagi dari denpasar ke makassar, maka aku pun booking bus pagi untuk rute Makassar--> Toraja. Daripada jauh-jauh ke makassar untuk ke pool bus Bintang Prima, aku memilih untuk menunggu di Rumah Makan Putri Minang. lokasi rumah makan putri minang ini gak jauh dari bandara. dari terminal kedatangan domestik, naik shuttle bus (FREE) airport, turun di depan airport. keluar airport jalan sedikit ke kanan, nanti rumah makannya ada di kiri jalan. jalan dikit, gak begitu jauh kook.
Bus pagi bintang prima jam 10.00WITA dari pool di makasar, kalo di RM Putri Minang sekitar jam 10.30WITA. dengan keberangkatan pagi dari makassar, waktu itu aku sampai Rantepao jam 19.30WITA. langsung turun ke penginapan. jadi kurang lebih 8-9 jam perjalanan.

Penginapan di Rantepao, Toraja
untuk penginapan di Rantepao, aku memilih hotel pison. hotel murmer di Rantepao yang sudah kupesan sebelumnya lewat agoda.com. karena hotel ini ada di pinggir jalan Makassar - Toraja, kita bisa langsung minta supir bus untuk turun dari hotel pison ini. begitu juga pas mau berangkat dari Toraja--> makassar. Ini salah satu keuntungannya. Makanan di hotel ini, menurutku enak-enak, meski jenis makanannya yang umum-umum seperti nasi goreng, mie goreng, fuyung hai dll.  sayangnya, disini tidak ada paket tour seperti di hotel-hotel lain yang ada di toraja. jadi harus jalan-jalan sendiri atau sewa guide.

Jalan-jalan seputar Toraja : bekal dongeng untuk anak cucu
jalan-jalan di Toraja kali ini, aku rental motor dan sewa guide untuk jalan-jalan. guide yang satu ini, aku bilang maknyuss deh. ceritanya buanyaaaakkk banget. dari siang sampe sore, bisa ke 4-5 tempat. di setiap tempat, dengan tanpa lelah dia pun dengan senang hati akan bercerita sejarahnya. guide lokal toraja : Pak Rante di no telp 081241323268. sayangnya pas kemarin jalan-jalan ke toraja, lagi gak ada pesta kematian, jadi cuma sekedar jalan-jalan semacam ke kete kesu, suaya, lemo dll. seharian di Toraja sudah bisa ke beberapa site, sudah cukup untukku mengenal Toraja. kalo waktu liburannya lebih lama, mungkin bisa stay di toraja ini 2 hari 2 malam.  karena memang disini suasananya enak untuk leyeh-leyeh, ademm suhunya :D

perjalanan Toraja-Makassar : bus malam
karena berangkatnya udah ngerasain bus pagi, sekarng mau cobain bus malam yang super eksekutif. dijemput di depan hotel pison jam 21.30WITA. naik bus malam, mending tidurr sepanjang jalan. soalnya ni bus ngebuuuuttt pisan :|. sempet kebangun sebentar, dah langsung aku merem-meremin lagi :D. ternyata lamanya perjalanan, cuma 7-8 jam saja. jam 05.00WITA sudah ngelewatin bandara, jam 06.00WITA sudah sampai di kota makassar. karena tujuanku ke Jln Jampea, akhirnya aku turun di jln Pettarani. dari Pettarani ke jln Jampea, naik taxi saja biaya 20000IDR.

Penginapan di Makassar : jalan Jampea
Aku memilih penginapan di jalan Jampea, karena di daerah ini akses mudah kemana-mana.
1. dekat dengan Pettarani (turun dari bus bintang prima dari Toraja)
2. deket dengan makanan-makanan enak (Coto Makassar di jln Nusantara, otak-otak Makassar di jln sumba, pisang ijo di jalan jendral sudirman, dll)
3. deket dengan halte Damri (transport dari kota Makassar ke Bandara)
4. deket fort rotterdam

di jalan Jampea ini, ada 3 penginapan yang sederet. mulai dari hotel New Legend, hotel Yasmin, dan hostel new legend. liburan kemarin aku memilih hotel new legend, tipe deluxe room, harga 275000IDR. well, untukku kurang recomended. karna ni hotel, gak ada jendelanya dan gak ada tangga untuk kamar di lantai 4. tapi kalo untuk tidur aja sih, enak lah :D.

yak, demikianlah ringkasan perjalanan ke Makassar dan Toraja. foto-fotonya, monggo dinikmati disini : Makassar dan Toraja

Anonim mengatakan…
hi mba igansiarosa,guide dgn pak rante sehari berapa?sudah dgn kendaraan (motornya) belum? aku ada trip ke toraja tgl. 20 sept ini. ditunggu reply-nya.tnx alot. yun (joendh8678@hotmail.com)
Ignasia Rosa mengatakan…
hi, sorry for late reply.
Untuk masalah harga, bisa di diskusikan kok sama Pak Rante. biar sama-sama enak ;)
selamat melihat indahnya Toraja ;)
KENANGA15 mengatakan…
Met siang mbak Rosa,
Saya sekeluarga merencanakan akhir tahun nanti mau ke Toraja, dan sesuai saran anda saya sudah sempat kontak2an dgn pak Rante, walau blom sempat ktemu tapi dari nada bicarannya kelihatan orangnya care.
Mungkin mbak Ros bisa memberikan gambaran tentang fisik pak Rante, seandainya kami nanti ingin membawakan kenang2an dari kampung (baju batik), kira2 bliau pakai ukuran apa (S;M;L). Trim's. Salam..
Ignasia Rosa mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
hai, Kenanga. manis sekali ide anda :)
iya, Pak Rante orangnya ramaahhh sekali. dia akan menjelaskan panjang lebar tentang sejarah atau cerita dari tiap site yang dikunjungi.
untuk ukuran baju, sepertinya dia ukuran S atau M (amannya ukuran M indonesia) orangnya kurus, tingginya rata-rata sekitar 160 mungkin ya.

http://1.bp.blogspot.com/-rOZCTBE3wRI/T_Ah5ckvwQI/AAAAAAAAAsY/0IjF1gVXcYM/s1600/IMG_1703.JPG --> pak rante orangnya di sebelah kanan.
KENANGA15 mengatakan…
Maturnuwun sanget untuk info dan gambaran lengkap tentang pak Rante (sudah saya buka photonya) dan terima kasih kembali untuk pujiannya.... :)
mukhlis mengatakan…
Thanks bgt Mba Infonya, thn dpn rencana mw k sana
RENTAL MOBIL mengatakan…
Untuk kebutuhan rental mobil drop atau jemput di wilayah makassar - toraja dan sekitarnya hubungi kami di 085342633633 atau email ke sulawesirentcar@gmail.com
unit tersedia :
AVANZA,XENIA.INNOVA,BUS PARIWISATA DLL
Unknown mengatakan…
wah mantap informasinya kaloaua da rekan blogger yang butuh informasi wisata maupun transportasi / rental silahkan contact kami Rental Mobil Makassar 085342633633
salam blogger
Fergie Mandagi mengatakan…
Makasih infonya, aku mau ke tana toraja bulan depan, kalo ada guide murah info dong wkwkwkwk....
Unknown mengatakan…
Untuk guide murah tergantung dari seasoning padatnya pendatang di tana toraja biasannya rate dari 200.000 hingga 300 rb itu standar HPI

Postingan populer dari blog ini

Melbourne Brighton bathing boxes

Di kala sedang pandemi dan lebih sering dirumah saja, memang selalu menyenangkan untuk buka photo lawasan dan kembali mengingat perasaan bahagia ketika explore ke suatu tempat baru 😁  Brighton beach adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika di Melbourne. Selain menikmati birunya langit, kita bisa sekaligus menikmati bathing boxes yang iconic!     Selain itu, sekitarnya juga cantik lho. Bisa jalan kaki untuk explore di area Brighton Beach ini.  Untuk bisa mencapai lokasi ini, bisa langsung lihat di google maps by public transport ya, baik bus ataupun train keduanya sama-sama nyaman. Tips of the day: Walk slowly and enjoy surrounding. You will notice something new and different no matter how many times you already passed by the same road.

Hong Kong Trip and Travel Guide

Liburan ke Hong Kong selama 6 hari dan aku takjub dengan transportasi, tata kota dan fasilitas umum yang sangat membantu untuk tuna netra dan penyandang cacat! Sesuatu yang belum aku temui di Bali, Indonesia ini. Trotoar di bali pun bisa ditemui di beberapa lokasi saja. Sayang banget ya. Ini dia catatanku untuk jalan-jalan ke Hong Kong #Persiapan ke Hong Kong Jauh-jauh hari sebelum ke Hong Kong aku sudah mulai hunting tiket penerbangan dan mulai ngelirik di hotel mana aku mau tinggal. Tentu saja aku pun mulai cari tau mengenai transportasi disana, serta mulai mencatat apa saja yang mau aku kunjungi dan catat di word document dan menaruhnya di Google Drive yang aku bisa save it on device. Jadi saat tak ada sinyal internetpun, aku masih bisa nyontek catatan buat liat rute. lihat catatanku disini Apps yang aku download #Octopus card Di Hong Kong, octopus card ini berperan besar dalam pembayaran transportasi dan bisa dipakai juga untuk belanja di McD, seven eleven, dan banya

Camping dimana? di Pantai Siung aja!

Sudah pernah ke Gunung Kidul, sisi selatan Yogyakarta? Sudah pernah pernah main ke pantainya dari baron ke arah barat ataupun dari baron ke arah timur? Kalo belom, masukin ke itinerarymu yaa kalo berkunjung ke yogya :) Nah, salah satu pantai di Gunung Kidul yang bisa dikunjungi bahkan diinapi adalah Pantai Siung . Pantai ini terletak jauh di sebelah timur pantai baron. Berbekal kemah pribadi atau hammock, kamu bisa menikmati pantai siung semalam suntuk. Di sekitar pantai, sudah ada warung penjaja makanan, jadi jangan takut kelaparan kalo males masak sendiri. Sudah ada wc umum juga untuk mck. Bisa mendirikan tenda di mana saja yang kamu suka dan jangan takut kesepian, karna malam hari lumayan rame lho yang berkemah dan berhammock disini. Bisalah lirik-lirik sebelah kalo mau kenalan  sekedar minta camilan. Pantai siung ini, kurang banyak aktifitas di air yang bisa dilakukan karena ombak terlalu besar untuk bisa berenang dan pantai cenderung karang. Ada 1 spot di antara batu-batu k