22 Mei 2010

Pura Gunung Kawi, Bali

Its been a while since last time i wrote for this blog. Too much to do, too much to think, and too much to take care. Expecially my leg!!
Fiuuhh, setelah sekian lama, akhirnya aku kembali ke blogku. Kali ini, jalan-jalan lagi kitaa..Aku bawa kaliannn semua ke Pura Gunung Kawi, Bali. Please Enjoy... ;)


Pura Gunung Kawi yang aku tau, ada dua. Yaitu Pura Gunung Kawi Sebatu dan Pura Gunung Kawi Tampak Siring. Kedua pura ini termasuk tempat wisata yang diminati oleh Wisatawan Asing, terbukti pada waktu aku dan teman-teman kesana banyak terlihat Wisatawan Asing yang sedang berkunjung pula. :)



#Pura Gunung Kawi Sebatu
Kawasan Pura ini tidak terlalu besar dan mudah untuk dijangkau. Tiket masuk untuk domestik hanya seharga Rp 6000. Murah tho!! Dan seperti biasa, aturan untuk masuk pura harus menggunakan kain / celana panjang. Tapi jangan khawatir, di sana disediakan kain untuk pengunjung yang menggunakan celana pendek yang tidak bawa kain sendiri. Untuk peminjaman kain + selendang, FREE!!!

RUTE :
Untuk mencapai lokasi ini, aku kemarin ambil rute : Denpasar - Sukawati - Ubud - Tegal Lalang - Dujung Kaja. Setelah sampai di daerah Dujung Kaja, nanti belok kanan begitu ada belokan ke kanan (ke arah timur); kemudian ambil ke kiri begitu menemukan perempatan kecil. Jarak pura dari perempatan itu, gak jauh kok...Kalau tersesat atau ragu, silahkan tanya ke penduduk sekitar. Mereka akan menjelaskan dengan senang hati (udah dibuktiin kemarin..hehe)

SEJARAH :
Sebenernya pura ini ada sejarahnya, tapi berhubung pada waktu itu kami hanyalah jalan-jalan tanpa guide,yaaaa sampe sana cuma photo-photo ; ngeceng ; plonga plongo ngeliat wisatawan asing yang sedang dijelasin sejarah pura oleh guide masing-masih. Dohhh, iri deh....!! Tapi, tak putus asa. Pulang dari jalan-jalan, langsung buka google -- "sejarah pura gunung kawi sebatu". :D...Beginilah nasib turis domestik yang hanya mengandalkan peta + google... ^_^





#Pura Gunung Kawi Tampak Siring
Lokasi pura ini gak terlalu jauh dari Pura Gunung Kawi Sebatu. Jadi sekali jalan, bisa kunjungi 2 pura sekaligus. Untuk tiket masuknya, sama kayak Pura G. K. Sebatu, yaitu seharga Rp. 6000. Namun disini, untuk sewa selendang + kainnya dikenakan biaya seikhlasnya. Oya, FYI ajah. Sewa payung disini Rp 5000, karna kemarin pas sampai sana ujan euy. Tapi gak bikin semangat jadi turun, malah bisa foto-foto pakai payung warna warni... ^_^ (still, the show must go on. wkwkwk)

RUTE :
Untuk mencapai rute ini, jika dari Pura Gunung Kawi Sebatu cukup mudah. (semoga penjelasannya bisa diimajinasikan :D)...keluar dari Pura Gunung Kawi sebatu langsung ketemu perempatan kecil, ambil kiri (ke arah timur). Kemudian ikuti jalan sampai ketemu pertigaan pertama, belok kiri. Kemudian ikut jalan lagi, hingga ketemu pertigaan ambil kanan lalu langsung ambil ke kiri. Lalu terusss sampai ketemu jalan besar (seharusnya ketemu jalan raya tampak siring), barulah ambil ke kanan (kalau ketemu perempatan besar, lurus ajah. Bagi yang ingin ke tirta empul bisa ambil jalan ke kiri). Lalu dari sini, tinggal amati plang di kiri jalan. Begitu ketemu plang Pura Gunung Kawi, disitulah lokasinya... :)

LOKASI & KEADAAN SEKITAR :
Untuk menuju pura, ada tantangannya. Kita harus turun sekitar 300an anak tangga. Pas menuju ke pura sih enak, karna turun tangga. Pas pulangnya baru kerasa cuappeeekkk dan ngos-ngosann! Mending dari awal udah disiapin, mental kaki dan betisnya. Biar gak shock.. :p

Waktu turun ke arah pura, kanan dan kiri jalan terdapat kios-kios penjaja kerajinan dan baju-baju. Ada 1 barang yang baru kutemui disitu, yaitu tempat lampu bulat yang terbuat dari kayu ukir. Sayang, tak kubeli waktu itu. karna masih inget punya 1 tempat lampu dari rotan yang blum kuberesin. Oya, selain itu, nanti di kanan dan kiri jalan bisa juga dilihat sawah. Ada yang model terasering jugak. Jadi, turun 300an anak tangga, gak ngeboseninlah...banyak pemandangan ini. :)

Begitu sampai di areal Pura, it means....photo session dimulai. :D . Enjoy....

ps. selama disini, ikutilah aturan-aturan yang ada. untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan :)






-- photo merupakan koleksi pribadi & Rysardie T. Liwan --

4 komentar:

mumum mengatakan...

Hei,

Aku mumun, lagi ngintip blog mu buat nulis blog sendiri juga tentang jalan-jalan ke Gunung Kawi.

Ohya, blogku www.indohoy.com. Mampir kalo lagi keabisan bahan bacaan...

Browse lagi ah blog lu, kali ada objekan jalan-jalan lain yang menarik

Inan mengatakan...

Menarik banget nih pura gunung kawi ini.

Mita Diah mengatakan...

Bagus banget pura gunung kawi ... tempat wisata indonesia

Cindy Marleiska mengatakan...

NONTON ONLINE TERKINI

Nonton Online Terkini

NONTON ONLINE TERKINI

Posting Komentar