03 November 2009

Aki ... Nini.


Aku kenal dengan Aki dan Nini* yang tinggal di pinggir hutan di sana. Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Mereka tinggal hanya berdua, di gubug kayu dengan satu ruangan, sebuah pintu di bagian depan, dan sebuah jendela bersebelahan dengan pintu. Dalam satu ruangan itulah mereka harus membaginya untuk tempat tidur dan tempat untuk memasak.

Begitu masuk ke dalam gubug, tempat tidur dengan dipan dari kayu, kasur dari kapuk serta 1 bantal kapuk dan 1 guling kapuk, berada di sebelah kanan pintu masuk. Sedangkan di sisi sebelah kiri, ada dua bangku kayu (seperti bangku sekolah dasar) yang sudah reot. Diletakkan berjejer, dibawah jendela. "Ben iso ngerasakke angin semilir yen lungguh neng kene", kata Aki.

Tempat memasak mereka ada di sisi sebelah dalam gubug itu. Menggunakan peralatan masak yang sangat sederhana, Nini mampu membuat makanan sederhana yang enakkk. Aki selalu melahap habis masakan yang dibuat Nini. Aki bilang, masakan Nini kayak bikinan koki di hotel berbintang (Aki ngarang, padahal dia juga belum pernah ke hotel. hehe...Ini becandaan sayaang Aki buat Nini. Well, it works to make Nini smile). Oya, sayur lodeh + tempe goreng + sambel terasinya patut dicoba lho!! Dijamin, bakal tanduk 2 kali.. :p (Makanya maen2 ke tempat Nini, biar dimasakin!)

Dulu, setiap harinya mereka mengumpulkan pinus untuk dijual lagi di pasar. Butuh waktu 4 jam sehari untuk mengumpulkan sekarung pinus. Berjalan jauh hingga ke dalam hutan, mengumpulkan satu demi satu dan dimasukkan ke dalam karung. Bukan harga yang setimpal untuk keringat yang dikeluarkan tiap harinya di usia Aki dan Nini yang sudah berkepala 6. (Tiap kali inget ini, aku cuma bisa menghela napas. Begitu besar kesabaran mereka, begitu bersyukur mereka atas hidup ini). Kalo sekarang, Nini dikasih kerjaan sama orang desa sebelah untuk ngerawat sepetak tanah yang ditanami ubi jalar. Lumayan.

Aku kangen maen ke rumah Aki-Nini. Kangen sama suasana damai disana, kangen mencari damai disana . Dulu sih waktu masih di yogya..aku mayan sering maen kesana. Dengerin jangkrik waktu malam, tidur remang-remang petromax sambil tidur dempetan bareng Aki n Nini, bantuin cari pinus sambil jalan-jalan ke hutan. Kalo sore, kongkow-kongkow di depan gubug sambil menikmati senja sembari nyruput teh anget buatan Nini. Damainya....

Semoga esok hari masih ada waktu untuk bisa menikmati senja disana lagi.


*Aki - Nini = Kakek - Nenek dalam bahasa sunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar