25 November 2010

Desa Tradisional Penglipuran

Desa tradisional menjadi salah satu objek wisata yang patut dinikmati di pulau dewata. Salah satunya adalah Desa Penglipuran ini. Apa yang menjadi daya tariknya ?


Keseragaman tata letak bangunan yang jadi daya tariknya! Mulai dari bentuk pagar, tata letak bangunan utama, bale, dapur hingga kamar mandi. Semuanya seragam, unik dan sangat tradisional.

Bentuk pagar tiap rumah terbuat dari tanah liat dengan bentuk yang sama. Sedangkan untuk tata letak bangunan tiap pekarangan rumah, sebelah utara pekarangan adalah dapur, sebelah barat adalah bangunan utama, sebelah selatan adalah balai, dan sebelah timur adalah canggah (pura di tiap rumah). Di pintu masuk ke areal Desa Penglipuran ini, terlihat balai banjar adat yang biasanya digunakan penduduk sekitar untuk kumpul-kumpul sekedar ngobrol-ngobrol atau bersantai. Di sebelah utara areal Desa, terdapat satu pekarangan sendiri untuk Pura. Ada Pura Penataran, Pura Puseh, Pura Rambut Srisedana dan pura lainnya. Lebih jelasnya, monggo lihat foto-fotonya :)

Desa Penglipuran ini terletak di sebelah utara Bangli, Bali. Sangat mudah untuk dijangkau, karna terletak di jalan utama bangli - kintamani. Ikuti plang, ke arah Penglipuran. Dari arah Denpasar, desa penglipuran ini terletak di sebelah kiri jalan. Meskipun mudah dijangkau, 2 kali aku kesana, kok terlihat sepi ya? hanya terlihat beberapa WNA bersama guide-guidenya, WNInya pada kemana ?? :| *sibukdimallkah?* :p

ps. kalau jalan-jalan ke desa ini siang hari, bawa topi yaa. #UVProtection#

salam,







Searah jarum jam :
1.Pintu Masuk Desa Penglipuran
2. Jalan utama desa penglipuran
3. Balai Banjar Adat
4.Bale Gede
5.Pintu masuk areal pura bagian utara
6. Info Rumah warga
7.Pagar Rumah
8. Peta Lokasi

2 komentar:

nlgrina mengatakan...

itu berapa lama ya dari dps??

- Ocha - mengatakan...

sekitar 1,5 - 2 jam kira-kira.. :)

Posting Komentar